Kertas corat-coret

Kumpulan buah pikiran, spontan maupun terencana, sebagai cara melatih rasa dan karsa untuk berkarya bagi dunia.

mercredi, novembre 10, 2004

Tingkatan Komunikasi Manusia

Ketika beberapa waktu yang lalu saya membaca artikel tentang kecepatan transfer data melalui jaringan komputer dan melihat bahwa kecepatan upload tidak pernah melewati bahkan menyamai kecepatan download, saya berkesimpulan bahwa ada analogi antara komunikasi manusia dan komunikasi data elektronis. Apakah ada manusia yang bisa menulis secepat membaca? Ketika kita menulis, dibutuhkan proses 'transfer data' per huruf, sedangkan ketika kita membaca, proses 'transfer data' yang terjadi bisa dilakukan per suku kata, bahkan semakin tinggi tingkat kemampuan membaca, semakin besar satuan aksara yang bisa diproses. Belum lagi proses untuk memikirkan rangkaian aksara yang akan ditulis, seperti yang saya alami saat menulis artikel ini!

Hal tersebut membawa saya kepada suatu konsep tentang tingkatan komunikasi pada manusia. Berdasarkan medianya tingkatan komunikasi manusia terbagi menjadi audio, visual, dan audio visual. Berdasarkan arahnya tingkatan komunikasi manusia terbagi menjadi downstream dan upstream, sesuai dengan analogi di atas.

Mari kita kembali ke masa-masa awal pembentukan diri kita masing-masing. Ketika masih di dalam rahim ternyata kita sudah mempunyai kemampuan untuk mendengar, suatu kemampuan komunikasi yang berada pada tingkatan audio-downstream. Kemudian kita dilatih untuk dapat berbicara, kemampuan komunikasi tingkat audio-upstream. Masuk usia SD kita mulai diajar membaca, kemampuan komunikasi tingkat visual-downstream. Tidak lama kemudian kita dikenalkan dengan cara-cara menulis dan menggambar, kemampuan komunikasi tingkat visual-upstream. Sampai di sini sebenarnya sudah cukup bagi manusia untuk dapat berkomunikasi dengan baik, tetapi perkembangan kebutuhan baik internal maupun eksternal menuntut manusia mengembangkan setiap kemampuan berkomunikasi yang telah dimilikinya.

Pada tingkat kebutuhan tertentu manusia akhirnya mengembangkan suatu tingkatan kemampuan komunikasi baru yaitu audio-visual baik downstream maupun mainstream. Pada tingkatan audio-visual-downstream ada kemampuan memirsa yang merupakan gabungan antara daya tangkap audio dan visual. Kemudian pada tingkatan audio-visual-upstream, kemampuan yang muncul menjadi semakin kompleks. Penyutradaraan dan koreografi adalah beberapa contoh bentuk komunikasi pada tingkatan ini. Tidak semua manusia memiliki kemampuan ini. Itulah sebabnya muncul berbagai macam penghargaan untuk pekerja-pekerja industri hiburan, salah satu bidang pekerjaan yang menuntut bentuk komunikasi pada tingkatan ini. Adakah penghargaan untuk pendengar terbaik atau pembaca terbaik? Penghargaan untuk penulis terbaik dan pembicara terbaik walaupun ada tapi sangat sedikit dan gaungnya masih kalah dibandingkan penghargaan untuk tingkatan komunikasi audio-visual.

Jadi, sudah terbayang ujung akhir sejarah, yaitu ketika seluruh manusia telah sampai pada tingkatan komunikasi yang tertinggi: audio-visual-upstream. Ujung awalnya sudah jelas yaitu ketika manusia mulai dapat membaca dan menulis (patokan masa sejarah, lihat kembali buku-buku mata pelajaran sejarah Anda).

Berada pada tingkatan manakah Anda?

8 Comments:

At 10:16 AM, Blogger gc. said...

hah ? tingkat komunikasi gue ?

huuuh ? gugu ? gaga gu ga ga goooo.. *mukul mukul dada*
meeh.. meeh.. galih.. buuu.. buuu.. cheeta *nunjuk nunjuk anov*..

ps : hepi beldei baginda !!!
blogger rese ya, mau ngisi comment aja harus daftar...

 
At 7:24 PM, Anonymous Anonyme said...

Kan bisa posting as anonymous, kayak gue gini lho..

 
At 11:05 AM, Anonymous Anonyme said...

oh iya bener.. bisa anonymous...
waktu gue isi comment yg pertama *baca: komen pertama gue di atas*, itu gak bisa anonymous deh kayaknya...

sekarang gue anonymous dooong.. .hehehe gak ketauan gue siapa...

 
At 3:08 PM, Anonymous Anonyme said...

Karena gue punya kemampuan komunikasi visual-downstream yang tinggi, walau pake anonymous, gue tau siapa yang nulis komentar sebelum ini.
Anonymous pertama tuh Anov, anonymous kedua tuh gc.
Hehehe

 
At 7:31 PM, Anonymous Anonyme said...

trus... anonymous ketiga siapa ?
misteri !!!
hidup penuh misteri.. gak bisa ditebak..
kayak tadi.. lagi asik asik makan, tiba tiba karet celana dalem gue putus... gila aja...
apa sebabnya gak tau...
ah.. hidup memang penuh misteri...

eh kalo udah anonymous gini, artinya gak ketauan dong ya gue gc ? asik asik asik...

 
At 1:50 AM, Blogger shawnkline9017 said...

I read over your blog, and i found it inquisitive, you may find My Blog interesting. My blog is just about my day to day life, as a park ranger. So please Click Here To Read My Blog

 
At 1:56 PM, Blogger dwainprehiem7355899836 said...

I read over your blog, and i found it inquisitive, you may find My Blog interesting. So please Click Here To Read My Blog

http://pennystockinvestment.blogspot.com

 
At 10:27 AM, Blogger lennykline61394461 said...

Get any Desired College Degree, In less then 2 weeks.

Call this number now 24 hours a day 7 days a week (413) 208-3069

Get these Degrees NOW!!!

"BA", "BSc", "MA", "MSc", "MBA", "PHD",

Get everything within 2 weeks.
100% verifiable, this is a real deal

Act now you owe it to your future.

(413) 208-3069 call now 24 hours a day, 7 days a week.

 

Enregistrer un commentaire

<< Home